Nasib jadi User PES 2017 PC

1. Grafis/Visual


Sisi visual alias grafis merupakan bagian yang paling kelihatan sebagai kelemahan PES 2017 versi PC dibandingkan PS4. Gimana ga kelihatan ? Pas Entrance Scene (scene pas pemain mau masuk stadion) udah kelihatan banget kalo tekstur di PC dikompres habis-habisan.

Pas masuk lapangan - bagian paling menjengkelkan - kelihatan banget kalau rumputnya jomplang antara PC dengan PS4. Mulai dari tekstur sampai warna udah jauh beda banget lah. Belum lagi Cut Scene tertentu yang mana kalo di PS4 jadi ajang show off/pamer kualitas visual rumputnya yang super duper HD itu - kalo di PC malah jadi scene yang justru membuat kita ingin ngeskip aja scene itu karena rumputnya rata kek karpet walau lu main di setting High.

Belum lagi kalo dibandingkan efek yang ada di PS4 dengan PC, langsung mual keknya klo ngebandingin langsung. Mulai dari efek kotor, air hujan, cipratan air, rumput rusak seiring pertandingan - semuanya ga akan terasa kalau kalian main di PC. Apalagi buat efek cipratan air dan rumput rusak, malah ga ada sama sekali di PC. Kalau di PC rumputnya udah rusak duluan sebelum Kick Off :v.

Kan ada mod Pitch/Turf sama SweetFX/ReShade min ?
Mod gaakan bisa ngebantu kualitas visualnya sampai mirip PS4, paling hanya 50% mirip aja. Kenapa ? Karena PES 2017 versi PS4 itu game 64 bit, sedangkan versi PC itu game 32 bit. Dan engine yang digunakan pun udah jauh berbeda. Kalau di PS4 make Fox Engine (yang juga digunakan untuk membuat MGS V) - kalau di PC make engine PES 2013 yang di upgrade sana sini.

Mungkin KONAMI nganggep user PC cuma main make Intel GMA Graphic kali yak :v

Berikut ada video perbandinganya nih.


2. Fitur



Kalo lu baru baca sisi grafis dan udah gakuat, mending gausah lanjut deh, daripada baper nanti kan mimin repot :v

Jadi ya, PES 2017 PC mengalami pemangkasan fitur yang walaupun ga penting - karena cuma pemanis - tapi seengganya bisa memberikan sesuatu yang berbeda buat dipamerin gamer PES di PC ke gamer game sebelah. Apa contohnya ?
  • Shirt Off Celebration, alias selebrasi buka baju. Banyak pm yang masuk nanyain gimana caranya si NeyNey buka baju, padahal mimin sendiri udah pernah post kalau selebrasi itu cuma buat konsol Next Gen (PS4 & X1). Jadi kalau mau selebrasi buka baju, jangan pencet R3/RS nya ampe jebol yak (sayang stik mahal :p) - tapi kalian yang buka baju langsung aja (siapa tau laganya panas ampe keringetan :p)
  • Vanishing Spray, alias semprotan nyamuk, eh ... wasit maksudnya. Kalo di konsol Nex Gen nih, wasitnya bawa-bawa semprotan, jadi kalo ada Free Kick deket gawang, si wasit bakal nyemprot nih Spray buat batasin pagar betis. Udah gitu, semprotannya rapi banget kayak make penggaris. Sedangkan kalo di PC ... pemainnya anak baik-baik semua kali yak jadi gausah make Spray :v

3. Edit Mode



Berbeda dengan PS4 yang Edit Mode -nya bisa buat import dan export image sampai team, user PC harus menempuh jalur 'ilegal' alias ga resmi buat import dan export ini.

Bukannya mod/patch di PC jauh lebih banyak min ?


Ya emang - hampir tiap hari ada mod baru di PC dan ga mentok di Edit Mode - tapi semua itu ga direstui sama KONAMI (publisher & developer PES). Sampai-sampai, KABARnya ada modder yang 'ditegur' oleh KONAMI - mungkin beberapa dari kalian ada yang udah tau - sampai dia gajadi rilis mod nya. Dan sekarang dia main PES 2017 nya di PS4.

4. DLC/Datapack



KONAMI pun kembali menunjukkan sikap 'pilih kasih' nya pad user PC. Yak, DLC versi PC mengalami pemangkasan yang membuat ukurannya jauh lebih kecil daripada DLC versi PS4. 3 stadion yang muncul di DLC 2 versi PS4 kaga (jadi) muncul di PC.

Apa min ? Gajadi ? Kok bisa ?
Pada bulan Oktober, akun twitter @officialpes sempat nge-tweet kalo versi PC juga bakalan dapat update stadion. Tapi ... semua itu berubah ketika negara api menyerang !!! Canda canda, maksudnya ketika para petani menyerang.

Awal November bisa jadi surga buat para user tani karena PES 2017 berhasil dijebol oleh CPY. Tapi ini jadi mimpi buruk buat para user ori. Bukan ngiri karena kita harus bayar buat dapetin gamenya disaat para tani cuma modal download atau copy dari temen. Tapi karena ini (kemungkinan) jadi awal mula KONAMI kembali meng-diskriminasi user PC. Akun twitter yang sama tiba tiba mengeluarkan tweet bahwa stadion baru hanya untuk konsol Next Gen.

Gajadi dapet stadion baru deh -_-


5. User Tani



KONAMI : "Pergi kamu user PC !!!"
User ORI  : "Tapi, aku kan beli game kamu, sayang :( "
KONAMI : "Bodo amat, aku gamau liat kamu lagi !!!"
User Tani : "Nyimak Gan"

Kalo diibaratkan kisah cinta, user Ori tuh sedih banget. Karena cintanya ke KONAMI tuh bertepuk sebelah jidat - eh tangan.
  • Game nya di 'anaktiri' kan = Doi gasuka sama sekali ke kita
  • Beli game ori = PDKT
  • Mau dikasih DLC  lengkap = Doi udah ngasih respon positif
  • Muncul PHO = user tani
  • Gajadi dikasih DLC = PDKT Failed
Kalo yang udah punya pasangan sih masih mending lah ya, kalo yang jomblo kek mimin tuh sedih banget. Ga sama cewe, ga sama publisher, dua duanya bertepuk sebelah tangan :'v - lah jadi curhat XD .

Itulah kira-kira nasib PC User PES 2017. Kalo ada yang mau nambahin silahkan corat coret di komen. Semoga PES 2018 versi PC bakal next gen seperti kata Adam Bhatti - meski mimin ga begitu yakin melihat marahnya KONAMI karena pembajakan ini.

Buat user PC yang mau beli PES 2017 Ori bisa langsung BELI DI STEAM mumpung lagi diskon 35%.

Sekian dari admin, See you on next blog ;D

Comments

  1. Ko nyebutnya Tani?, APA karena pak tani mem"bajak" sawah?

    ReplyDelete
  2. Baru baca..gw pengguna game pc termasuk pes 2017 mod version..setiap ada update'an dr modder kesukaan gw langsung sikat..dan menurut gw neymar di pc gw keringatan jg..emang ga sehalus di konsol tp menurut gw better..and i love pc games..bs di oprek :p

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts