PES 2018 di PC Akan Datang dengan Resolusi 4K & Bahasan Seputar Minimum Requirement


El Lado G mewawancarai Robbye Ron  - representative dan leader komunitas Pro Evolution Soccer di America – tentang PES 2018 versi PC, dan menemukan fakta menarik tentangnya.

"Next week we will be at E3 announcing all the new features of PES 2018. We want to make a difference and all the work we have been doing since 2015 is going to unite in this new game. It will add a new PC engine with 4K resolution. The players are much more real and added details like tattoos, the physicists are identical and it shows in the gameplay. We changed the way we kick free kicks, penalties and corners. "

Robbye mengatakan kalau versi PC-nya akan datang dengan resolusi maksimum hingga 4K. Ini pertama kalinya PES akan tiba di PC dengan resolusi tertinggi saat ini, setelah di seri-seri sebelumnya kita harus menggunakan tool 4K Enabler agar PES kita berjalan di resolusi tersebut.

Belum ada informasi seperti apa spek yang dibutuhkan untuk menjalankan PES di resolusi 4K. Info terkait mungkin akan diumumkan saat E3 bersamaan dengan Minimum & Recommended System Requirement-nya.


Kemungkinan System Requirement

Mendengar kata "System Requiremennt" bagi gamer dengan PC kentang tentunya akan membuat jantung berdegup kencang. Itulah yang terjadi ketika gamer dengan PC kentang mendengar PES 2018 akhirnya tiba dengan engine baru di PC – FOX Engine. Namun, engine ini sendiri bukan hal yang baru bagi PES Player di PS4 dan Xbox One. Karena engine ini sendiri sudah digunakan sejak PES 2015 – 2017 untuk kedua konsol di atas.

Kembali ke masalah PC :
Engine baru, Spek baru.
Ya, “masalah” utama PC adalah naiknya standar hardware yang dibutuhkan ketika ada game baru yang dirilis dengan engine baru.

Tapi, FOX Engine bukan pertama kalinya digunakan di PC. Game KONAMI lainnya - MGS V : The Phantom Pain – sudah tiba terlebih dulu di PC dengan FOX Engine. Kenapa menggunakan MGS V : TPP – yang sudah “jadul” untuk digunakan sebagai pembanding spek, sedangkan ada MGS V : Definitive Edition yang lebih baru. Versi definitive merupakan game yang sama – dengan kebutuhan spek yang sama – dengan versi standar. Bedanya ? Versi definitive telah memuat seluruh DLC yang tidak terdapat di veri standar.

Langsung saja kita cek Minimum Requirementnya :

Source : Can I Run It ? 

Cukup tinggi bukan ?

Beruntung bagi kita, ternyata game ini dapat berjalan di bawah minimum requirement-nya.
Game ini benar-benar well-optimized dan scalable. Bahkan optimasinya bisa dibilang jauh lebih baik dari game sekelas GTA V - yang memiliki system requirement lebih rendah. Penggunaan Denuvo sendiri tidak memengaruhi performa dari MGS V : TPP.

Maksud dari scalable sendiri yaitu fleksibilitas sebuah software – dalam hal ini game – untuk beradaptasi dengan spek dan grafis. MGS V TPP bisa berjalan di spek yang jauh lebih rendah dari minimum requirement-nya dengan setting terendah, dan membutuhkan spek yang tinggi untuk menjalankan setting “mentok kanan”.


Jadi, mari kita berharap agar KONAMI berhasil mengulang kesuksesan yang mereka lakukan – dalam hal optimasi – di MGS V : TPP ke PES 2018 ini. Menciptakan sebuah game dengan visual yang indah, optimasi yang sangat baik, dan penggunaan Denuvo yang tidak membebani kinerja game itu sendiri. 

Berikut video gameplay MGS V : TPP di spek yang tergolong rendah.

Comments

Popular Posts