PES 2018 PC, Ditiadakan atau Malah Next Gen ?

Gambar hanyalah PES 2017

Baru - baru ini ada rumor yang memperkirakan apa saja yang akan hadir di ajang E3 2017 - untuk yang belum tahu E3 silahkan googling sendiri. Dan tentu saja dua game sepakbola terpopuler saat ini - PES dan FIFA - tak luput dari pemberitaan. Tapi, (tentunya) kami hanya akan membahas PES saja


Berdasarkan web pocket lint yang kami capture di atas, terlihat bahwa PES 2018 baru dipastikan akan hadir di Next Gen Console, sedangkan untuk Last Gen Console dan PC belum dapat dikonfirmasi kehadirannya (dan ketidakhadirannya juga).

Bukan hal yang aneh jika PES 2018 tidak hadir di Last Gen Console, selain karena memang SONY sendiri sudah menghentikan produksi untuk PS3 dan Xbox 360 yang nasibnya kian tidak jelas, kedua mesin gaming ini memang sudah seharusnya memasuki masa pensiun melihat usianya yang tidak muda lagi. Keduanya sudah berumur lebih dari 10 tahun, Spesifikasi pun sudah tidak dapat diandalkan untuk menangani game masa kini.

Yang aneh justru belum terkonfirmasinya kehadiran PES 2018 di PC. Ketidakhadiran sebuah game (non-eksklusif) pada platform dengan pengguna terbanyak ini adalah sebuah keanehan tersendiri. Belum lagi ada batas lebih dari sebulan bagi PES 2017 sebelum akhirnya berhasil dibajak oleh CPY yang seharusnya membuat pembeli PES 2017 STEAM lebih banyak dibanding PES 2016. PES 2016 sendiri langsung dibajak pada hari pertama rilis karena tidak menggunakan proteksi Denuvo. Seharusnya ada dana lebih yang bisa membantu KONAMI untuk mengembangkan PES 2018 versi PC.

Keuntungan penjualan ini dapat dilhat dari situs SteamSpy. PES 2016 hanya mencatatkan 141,441 pembeli sampai saat ini (dan gamenya pun sudah ditarik dari Steam). Dan angka penjualan itu baru berhasil dicapai setelah beberapa masa diskon ditambah pemotongan harga yang sangat ekstrem (hingga dibawah 200K). Sedangkan PES 2017 berhasil mencatat 133,630 pembeli dalam waktu sekitar 6 bulan. Dan angka ini berhasil dicapai dengan hanya melewati satu masa diskon dan pemotongan harga yang baru terjadi akhir Maret ini. Pemotongan harganya pun tidak se-ekstream PES 2016. Dan angka ini masih bisa terus bertambah melihat masih banyak yang belum tahu harga PES 2017 turun.

Plot Twist

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, PES 2018 masih mungkin hadir di PC. Dan plot terbaiknya - sekaligus gila - adalah PES 2018 hadir di PC menggunakan Next Gen Engine yang mana akan membuat PES 2018 PC bisa menyaingi FIFA 18 PC.

Seperti yang kita ketahui bersama kalau 3 seri PES terakhir selalu kalah dari FIFA karena versi PC-nya. FIFA selalu membawa engine terbaiknya yang ia gunakan di Next Gen console ke PC juga. Sedangkan PES ? Hanya mendapatkan port dari Last Gen console. Kehadiran PES 2018 PC dengan membawa grafis Next Gen tentunya akan membawa angin segar bagi PES Player di PC yang biasanya "dibully" oleh FIFA Player. Walaupun harus ada konsekuensi yaitu peningkatan system requirement. Tapi kalau KONAMI berhasil membuat grafis yang bagus dan menjaga agar sys req nya masih di bawah game sebelah, sepertinya peluang PES untuk menjadi saingan berat FIFA di ranah PC akan semakin membesar, apalagi jika didukung oleh mod-mod yang dibuat oleh komunitas PES.
Kami menyajikan teori plot twist ini tentunya bukan tanpa sebab. Adam Bhatti melalui twitternya membalas sebuah tweet dari seorang PES Player. Saat fans tersebut mengatakan kalau ia ingin grafis PES 2018 versi PC setara dengan versi PS4, Adam membalas kalau ia juga menginginkannya sejak lama. Tapi dia tidak ingin membicarakan tentang seri PES di masa depan untuk saat ini dan meminta kita untuk menikmati PES 2017.


Mau next gen, tapi PC kuat ga ya ?

PES 2018 versi PC, ditiadakan atau malah rilis dengan grafis Next Gen ?

Entah mana yang akan jadi kenyataan, yang pasti kita semua berharap kalau PES 2018 akan hadir PC, dengan frafis last gen ataupun next gen. Kalau kami inginnya KONAMI memberikan kejutan dengan menampilkan Screenshot PES 2018 PC yang menggunakan grafis Next Gen di saat-saat terakhir. Jadi, kami lebih ingin kalau skenario plot twist di atas terjadi. XD

Bagaimana dengan kalian ? Feel free to comment.

Ayo support KONAMI dengan membeli PES 2017 Original, harganya sekarang "cuma" 267K Rupiah lho. Langsung aja BELI DI STEAM !!!

Comments